Kajian Lebih Baik Daripada Ngrokok


Kajian : Sebuah Langkah yang lebih baik dibanding main dota ataupun ngerokok di sekre.

Kajian dalam kosakata kampus ini bukanlah hal yang asing. Kajian adalah wahana komunikasi mahasiswa baik dalam bentuk formal membahas materi kuliah maupun umum tentang permasalahan kehidupan. Kajian adalah style intelek seorang mahasiswa untuk membuka pikiran dan serahterima pandangan dengan yang lain. Hal seperti kajian bukanlah hal yang sia-sia seperti yang biasa orang lain katakana.

Kajian dalam hal ini mempunyai beberapa keunggulan baik secara materi, waktu maupun pikiran. Dari segi materi, kita tidak perlu menegluarkan banyak duit untuk membeli rokok guna menunjang kongkow-kongkow di sekre. Dari segi waktu hal ini lebih baik daripada menghabiskan waktu di kosan untuk tidur, main game, main kartu dan lain-lain. Dari segi pikiran, bukan hanya memanfaatkan otak yang kosong dengan kajian kita bisa transfer pandangan karena dalam kajian kita dituntut untuk terbuka dalam pikiran. Hal ini sangat efektif untuk menyampaikan pandangan-pandangan kita, menyerap pandangan-pandangan orang lain secara langsung.

Apalagi dengan kajian tali silturahmi atau keakraban pasti akan muncul. Bayangkan setelah kita berdebat alot, tapi pas selesai kajian kita saling bersalaman atau berpelukan(ala Rosulullah) kan lebih mengena ukhuwahnya( kata Zuhud ).

Cara membuka sebuah kajian juga terhitung gampang, tak usah lah kita ajak teman-teman banyak untuk kajian, cukup beberapa saja. Yang ada ditempat dan lagi kosong, angkat satu opini kecil. Boleh lah ambil dari surat kabar atau berita TV, boleh juga lewat buku textbook. Bacakan keseluruhan isi lalu tiap-tiap anak member tanggapan. Ketika mulai terjadi perbedaan pendapat, disitulah mulai serunya kajian. Tema kajian seharusya yang sesuai bidang yang sedang didalami. Tidak boleh ngaco atau asal ambil topik.

Harapannya dengan adanya kajian akan semakin membuat kita hidup. Karena kita tidak hidup dari ketawa-ketiwi, kita tidak hidup oleh perusahaan-perusahaan karena mereka nggak bakal seumur hidup menggaji kita, karena kita hidup dari pikiran-pikiran mereka. Karena pikiran-pikiran mahasiswa adalah pikiran-pikiran yang masih murni dan perawan akan intervensi kepentingan kelompok atau golongan. Karena mahasiswa itu merdeka, merdeka dibawah pikiran yang mandiri.

3 thoughts on “Kajian Lebih Baik Daripada Ngrokok

  1. nurind mengatakan:

    Mahasiswa jaman sekarang katanya ‘malas’ mengkaji. Membahas definisi dasar dari kata ‘lugu’ saja malas. hahaha…
    ayo kita buktikan itu pernyataan yg salah, mari warnai himpunan dengan kajian🙂
    Kalo mau mengkaji sesuatu, ajak2 dong😀

  2. Ajiz mengatakan:

    Karena kita tidak hidup dari ketawa-ketiwi..
    asik bacanya om😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s