Undang-Undang Dipilih


Baru saja saya membaca editorial Media Indonesia tanggal 26 Maret 2011, hari sabtu kemarin. Hal yang diangkat adalah masalah Calon Presiden Independen. Dikatakan bahwa bangsa Indonesia jaman sekarang adalah bangsa yang serba aneh. Undang-undang saling menutupi peranannya. Dalam undang-undangnya, setiap warga negara berhak memilih dan dipilih dalam sebuah pemilu. Akan tetapi hal yang sangat ironi melihat bahwa di undang-undang sekarang terdapat bahwa seorang yang dapat dipilih dalam pemilu harus dari partai politik.

Baiklah teman-teman, saya juga dalam wahana belajar di sini. Kita sama-sama tahu kondisi bangsa Indonesia saat ini. Di era kebebasan ini semua berhak menentukan pilihan dan pendapatnya. Adalah hal aneh bahwa kita mempunyai undang-undang yang semacam tersebut.

Partai politik yang ada sekarang nampaknya sudah tidak mampu mengakomodir kepentingan rakyat, kebanyakan bahkan semua partai politik sekarang sudah mulai mengembangkan sayap kepentingannya masing-masing. Masih mending jaman PKI masih ada dahulu, mereka dengan yakin menganut kedaulatan rakyat tertinggi dengan kepentingan rakyat diatas segalanya. Melihat sekarang yang sudah demokratis-nasionalis-humanis tapi apa buktinya. Mereka tetap dengan kepentingan masing-masing.

Koalisi-koalisi membentuk kepentingan-kepentingan masing-masing. Kejahatan tak bisa terkuak karena tiap-tiap parpol punya kunci-kunci yang bakal menjadi jaminan untuk tetap aman. Semacam rantai yang saling mengikat satu sama lain melingkar.

Kasus bank century misalnya, tidak pernah terkuak karena memang pasti ada yang menjadi pelaku dari salahsatu parpol tersebut. Dengan iming-iming koalisi dan apapun itu mereka mengkrangkeng keterbukaan dan keadilan.

Ya kawan rupanya undang-undang sudah pantas untuk direvisi!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s