Cantik = a*(Tempat) + b*(Waktu)


Mungkin tulisan ini bisa dijadikan klarifikasi atas status saya yang mengatakan “Ini kenyataan : Kecantikan sangat bergantung pada posisi dan waktu. Seseorang yang biasanay biasa saja, pas ketemu di tempat lain jadi lebih cantik. :p”

Oke, Kontroversial, saya mengemukakan sebuah kenyataan(dalam saintifik bisa disebut sebagai fakta) tanpa ada observasi dan pengolahan data. Mungkin saya sebut itu sebuah hipotesis. Ya alangkah baiknya kalau kata ‘ini kenyataan’ dalam status saya ganti jadi ‘ini hipotesis’.Maaf, terlalu gugup.

Anyway, ya ini bukanlah sebuah teori yang meledakkan dunia teknologi era kini. Tapi ini cukuplah untuk mengungkapkan dan menyampaikan pada teman-teman satu inspirasi maupun membuat opini supaya dipertanyakan oleh teman-teman sekalian.

Ya memang, berdasarkan pengalaman beberapa hari terakhir yang sedang galau(galau disini maksudnya cuma sebatas pengganti kosakata gelisah), ditemukan beberapa fenomena sama yang membuat saya bisa mengeluarkan hipotesis seperti itu. Fenomena itu adalah bertemu teman seberang jurusan di luar kampus dan teman tersebut terlihat lebih cantik dibanding pas lagi di kampus.

Hal pertama adalah ketika saya bertemu dengan seorang mahasiswi satu angkatan dan jurusannya adalah sebrang jurusan saya di sebuah tempat makan.

Waktu itu aku sedang lapar, karena sendiri aku bebas menentukan mau makan dimana. Ya begitulah salahsatu enaknya kalau sendiri, mau makan bebas pilih mana. Akhirnya kuputuskan pergi ke tempat X di bawah perempatan Tamansari-Taman Hewan-Gelap Nyawang. Disitu sedang duduk beberapa mahasiswa/i B, sekedar tahu, tapi nggak kenal. Karena memang saya dan mereka satu Labtek.

Ketika duduk-duduk, oh ada temennya temenku. Tahu namanya tapi nggak kenal. Dunia maya membuat orang lebih gampang berinteraksi. Pas di dunia maya, tinggal nunggu siapa yang duluan nyapa. Rasanya beda, dia lebih terlihat manis disbanding biasanya. Saya tak terlalu suka memperhatikan orang yang belum dikenal, selain itu juga karena dia baisa-biasa saja kalau sedang di kampus.

Namun kali ini dia berbeda, ada yang lain yang membuat wajahnya begitu mempesona. Wajahnya memerah dan berbinar cerah. Aduh tak tahan untuk terus memandang. Curi-curipun berlangsung. Sambil pura-pura lihat televisI yang ada di belakangnya. Ah boy, makanan sudah siap. Akhirnya aku santap.

Usai aku makan, rupanya dia sudah menghilang dari tempat duduknya. Sudah pergi rupanya. Aku bayar dan pulang.

Sehari setelah itu, saya lihat anak itu di kampus. Ku perhatikan, namun tetap biasa saja. Entah apa yang membuat hal ini terasa beda. Dari situ saya lihat ada faktor tempat dan waktu sebagai pengaruh terhadap kecantikan seseorang.

Pada lain hari berikutnya, pas aku bertugas menghadiri sebuah acara penghitungan suara pemilu, kebetulan sekali berdekatan dengan himpunan sebrang juga.

Untuk kali ini kutemukan salahsatu anggotanya yang juga hadir sebagai perwakilan. Aku tidak tahu namanya. Biasa ketemu di kampus, apalagi pernah satu kepanitiaan OSKM dan sama-sama Taplok. Namun karena memang tidak kenal semuanya, salahsatunya menjadi nggak kenal. Nah terlihat kan, dia memang biasa-biasa saja. Makanya namanya pun kurang aku kenal.

Dia entah kenapa aku perhatikan dengan cermat. Aku perhatikan mukanya yang sedang segar begitu walaupun hari sudah malam, rasanya begitu beda. Ada raut wajauh lucu di sisi depan kepalanya. Bibir, mata, hidung waktu itu terasa enak untuk dilihat. Apalagi pas tak sengaja dia mengangkat kepala dan melihat aku sedang melihatnya juga. Dia keluarkan senyum mengelak yang sempurna.

Ya, tak tahu hal ini terjadi begitu saja. Waktu dan tempat akhirnya semakin meyakinkanku bahwa memang ada pengaruh kecantikan sesuai dengan dimana dan kapan seseorang itu bisa kita lihat. Kalau diceritakan lagi ada beberapa saat kutemukan orang-orang cantik yang sifatnya temporal dan bergantung pada tempat.
Sekian..

2 thoughts on “Cantik = a*(Tempat) + b*(Waktu)

  1. Oknum mengatakan:

    ehm..sapa kul?

Tinggalkan Balasan

