Pakdumaru (Berbagi Kisah)


Hari ini dateng sore-sore ke Kokesma. Ya biasalah, unit ini sudah terlalu keluarga buat saya. Saya merasa nggak perlu meng-agenda-kan khusus buat dateng ke sekre di Barat Laut kampus ini. Karena memang ibaratnya kayak pulang ke rumah. Ketemu keluarga, ketemu suasana yang benar-benar menghilangkan kepenatan kuliah mungkin hanya dengan melihat foto konyol salahsatu anggota.

Ba’da maghrib, secara tiba-tiba saya ditunjuk jadi moderator buat hearing dan pemilihan ketua Pakdumaru 2011(Jelasnya pakdumaru itu apa nanti saya jelaskan di bawah). Seketika itu aku teringat setahun yang lalu. Setahun yang lalu saya menjadi salahsatu kandidat ketua Pakdumaru. Saya berdiri diantara empat orang lain. Saya berdiri bicara panjang lebar mengenai visi ataupun impian gimana Pakdumaru yang akan saya bawakan.

Kalo boleh saya bilang, terakhir saya takut ngomong ya pas pemilihan ketua pakdumaru itu. Orang yang secara didikan SMA menjadi orang penakut untuk bicara di forum, melalui Pakdumaru ini saya memberanikan diri buat ngomong. Ya memang masih sekedar belibet dan patah-patah wajar lah waktu itu.

Pakdumaru adalah agenda terbesar kami sebagai angkatan maganger Kokesma 2010. Pakdumaru yang kegiatannya didominasi oleh kegiatan usaha dan mengenalkan KOKESMA di kalangan mahasiswa baru ini memang benar-benar membina kekeluargaan satu angkatan. Selain itu juga hal ini bisa dijadkan tolak ukur seberapa cinta kalian kepada Kokesma.

Kenapa? Karena di pakdumaru ini kita banyak melakukan acara bareng-bareng yang sifatnya mebangun. Seperti kuis kekeluargaan yang disitu kontenya mengenai anggota sampai Touring yang benar-benar di situlah kita makin akrab. Touring membuat kita satu sama lain menjadi mengenal secara personal. Dan di kegiatan lain, kita bisa lihat seberapa cinta kita kepada Kokesma. Terliha dengan priorotas utama teman-teman dalam mengedepankan Pakdumaru di tengah kesibukan lain seperti Osjur dan OSKM.

Di Pakdumaru kala itu, Adi sebagai ketua mengenalkan sistem baru, standar ISO dia bawa. Sebenarnya saya bebas system kepanitiaan yang seperti apa, karena menurut saya komitmen kalian lah yang berbicara. Sistem yang Adi bawa hanyalah wadah komitmen yang kita miliki semua.

Pakdumaru selain sebagai acara besar dan pemersatu angkatan, juga sebagai sarana belajar. Karena pakdumaru itu cakupan kerjanya luas, kita bisa banyak mendapat ilmu. Dari manajemen keuangan, lobbying, wawancara, menulis, komunikasi, event organizer, layouting, dan masih banyak lagi. Disitu saya banyak mengambil pembelajaran. Ya kalau kalian setuju dengan pembelajaran ‘learning by doing’ pakdumaru adalah milik kalian semua.

Pakdumaru yang seru itu pas touring ke Pengalengan. Untuk pertamakalinya saya di Bandung mengendarai motor sampai puluhan kilometer.
Selain itu juga nginep di sekre karena akan ikut karnaval pre-OHU. Bikin properti, arak-arakan karnaval paginya, sampai membolos simulasi terakhir OSKM. Rasanya kenangan Pakdumaru 2010 ingin diulang kembali. Hahahaha

Semangat buat KK10 yang bakal menjalankan Pakdumaru. Gali ilmu sebanyak-banyaknya..🙂

Tinggalkan Balasan

