Rajah Dari Seorang Habib


Siang tadi, seorang Habib(Keturunan Nabi Muhammad) datang ke rumah. Saya tak kenal dengan namanya, saya juga nggak terlalu memperhatikan. Tapi aku sering denger beliau sering dateng ke rumah.

Biasanya beliau kesini menjual aneka dagangan, seperti baju, minyak wangi, maupun benda-benda bernuansa islami lainnya. Berbeda dengan kali ini beliau membawa sebuah sticker. Sticker berisi tulisan mirip mantra. Yap, RAJAH. Hal serupa pernah saya temukan di kantong teman SMP saya, waktu itu teman saya sedan sedikit meguru, entah pada siapa, saya tak terlalu tertarik.

Karena sudah terlalu biasa mungkin Bapak saya membeli produk-produk dari Habib tersebut, kali ini agak nggak enak, mungkin juga doktrinasi secara halus, karena sembari menawarkan produknya, sang Habib ceramah. Yang saya dengar dari belakang cuma pertanyaan “nggih to?” dia lontarkan berulang-ulang seakan orang-orang yang dia ceramahi kurang percaya, dari sela-sela itu kudengar “nggih” lirih. Selain itu yang aku dengar cuma sebatas kisah-kisah, barangkali kisah turun temurunnya beliau dari Rosulullah.

Setahu saya seorang habib hanya mempunyai satu keistimewaan, tidak boleh menerima zakat. Tidak ada sunnah ataupun menghormati seorang Habib secara berlebihan, karena pada dasarnya semua manusia sama dihadapan Tuhannya. Tidak ada paksaan untuk menolak dagangn seorang Habib.

Sticker 25×25 cm2 tersebut Bapak saya bayar dengan harga 50 ribu rupiah. Kata Bapak saya, dikasih 100 ribu pun nggak bakal dikasih kembalian. Kata ibu saya, memang beliau tidak pernah memasang harga tetap berapa, seikhlasnya.


Sticker yang sudah terpasang.

Bentuk fisiknya persis sticker, yak arena memang Cuma sticker, isinya berupa huruf-huruf arab gudul(tak berharakat) . Dibalik sticker tersebut terdapat tulisan latin bahasa Indonesia. Kalau boleh saya tuliskan, sepert inilah tulisannya,

AHLI MADINAH MENDOAKAN YANG MEMASANG
MANFAATNYA :
INI RAJAH SANGAT BANYAK FAEDAHNYA
ANTARA LAIN : TOLAK BALA GANGGUAN DARI GODAAN SYETAN, JIN MAKLUK HALUS, KESELAMATAN KEAMANAN, MEMPERMUDAH RIZKI, DSB

KETERANGAN :
Angka 1030(dalam tulisan arab) Merupakan ASTHMA Seorang Waliyullah Chos yaitu AL-Habib Abdullah Bin Alwy Al-Hadad
Setengah dari biografinya : semua sunat-sunat rosul beliau pernah melakukannya
Angka 110(dalam tulisan arab juga) itujuga ASTHMA seorang Waliyullah Al-Habib Aly Bin Muhammad Al-Habsyi,
Beliau yang mengarang kitab Maulid Simsutdorror
Beliau keduanya merupakan
MINDURIYATURRASUL
(Huruf Kha) (Ha) bima’na HADA/ HABSYI
CARA MEMASANG : DIDEPAN / DALAM RUMAH
TOKO / KENDARAAN
DAN AHLI TARIEM JUGA MEDO’AKAN

Kira-kira begitu, sebagai seorang yang berkecimpung di dunia printing sticker (staff Souvenir Tokema) sticker tersebut bisa diproduksi seharga kurang dari 5000 rupiah saja. Dari seorang yang pernah belajar bahasa indoneisa dan Kuliah Tata Tulis, peulisan juga kurang baik (ada semacam ketidak tepatan diksi maupun penyusunan kalimat. Bahasa yang digunakan diatas nanggung, mau puitis namun tidak disesuaikan dengan konten yang dibawa. Jadinya Cuma semacam pamphlet obat-obatan alternatif.

Saya heran, ada-ada saja orang jaman sekarang. Mungkin barangkali juga hasil jualan tersebut digunakan untuk amal pembangunan masjid ataupun santunan fakir miskin, namun agak aneh kenapa hanya ditujukan orang-orang tertentu saja, seperti bapak saya, tidak ke warga sekitar yang lain? Apalagi beliau datang dengan membawa sebuah mobil Suzuki Katana.

Ya, entahlah, yang cukup menjadi pertanyaan cukup : hukum Rajah itu apa? Lalu apakah keistimewaan lain seorang Habib? Perlukah diberi keistimewaan pada masalah dana seperti diatas?

16 Juni 2011

6 thoughts on “Rajah Dari Seorang Habib

  1. otidh mengatakan:

    Setahuku Rajah itu termasuk salah satu perbuatan Syirik. Tahu sendirilah hukum Syirik itu bagaimana. Wallahua’alam.

  2. cappucino mengatakan:

    sebaiknya jangan disebarkan didunia maya sob,coz kalo habib it cuma menawarkan sama bapakmu berarti it cma bwt org2 tertentu,kalo mslh rajah it tergantung niat,asalkan niat kita untuk ikhtiar,tapi keyakinan kita tetap kpd allah swt,karna cma allah yg mengatur segalanya,insyallah bkan syirik..salam

  3. cappucino mengatakan:

    maksudnya,mungkin bapamu itu org yg baik,jadi habib itu cuma ngasih ke bapamu,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s