Mahabharata (Review Buku) – C. Rajagophalachari


Cover BukuMahabharata ini jelas cerita perang putra-putra Bharata : Pandawa vs Kurawa dengan tokoh sentralnya Yudhistira. Yudhistira yang bijaksana dan murah hati melawan Duryudana yang serakah dan ambisius. Namun keduanya teguh memegang jalan darma

Latar belakang perang besar tersebut juga panjang. Yang pasti semua karna ketamakan, dendam, dan kelicikan. Kisah   memang tdk akan sama dg perang zaman Nabi. Maka tidak relevan karakter tokohnya untuk dijadikan teladan.

Petuah orang tua seakan jadi ramalan jitu. Seperti kata Bhisma bahwa 13tahun lg Pandawa akan menuntut balas. Diceritakan pula setiap peristiwa merupakan skenario yang kuasa dan punya dampak penting di masa depan.

Yang menarik bagi saya ketika muncul kisah heroik. Abimanyu salahsatu tokoh heroik favorit saya.  Abimanyu yang meninggalkan Uttari dalam keadaan hamil dengan gagah berani maju sendiri memporak-porandakan formasi Kurawa.  Pada akhirnya Abimanyu terkepung dalam formasi Kurawa dan harus menyerahkan nyawanya pada putra-putra Destarata.

Di sini juga terdapat nilai yang terus konsisten disampaikan : dalam ujian hidup akan mengantar kita pada kenaikan kelas hidup . Misalnya Arjuna yang rela bertapa dan mendaki Himalaya akhirnya mendapatkan pusaka Pasopati dari Batara Indra. Atau Yudhistira yang tersesat di telaga, dia akhirnya melewati ujian hidup sehingga seluruh Pandawa meningkat kekuatannya.

Endingnya, kemenangan buat Pandawa. Walau harus ditempuh melalui jalan yang tidak sesuai Darma seorang ksatria. Yang menjadi epik adalah ketika Yudhistira sadar dalam kemenangannya. Apalah arti tahta bila saudara sendiri binasa?  

Bharatayudha menelan ratusan ksatria, puluhan raja negara sekutu serta jutaan prajurit dan rakyat jelata. Ujung-ujungnya dia justru memimpin lagi Hastinapura dengan bayang penyesalan. Meski banyak tetua yang menghiburnya. Akhirnya Yudhistira memilih memberikan tahta pada Parikesit (putra Abimanyu). Meninggalkan kerajaan, mencari ketenangan jiwa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s