Anak Mandiri

Cerita diambil dari sumber lisan Ibu saya, ternyata beginilah hasilnya jika Ibuku disuruh membuat sebuah cerita pendek atau dongeng lebih tepatnya. Katanya sih ini mau dipake buat lomba mendongeng dengan karya sendiri di tingkat kecamatan oleh Ibu-Ibu PKK.. Bagaimana hasilnya coba komen gan!! hehehe

————————————————————-
Disebuah desa, tinggal sebuah keluarga kurang mampu mempunyai tiga orang anak. Anak yang paling tua justru anak yang suka menuntut, minta ini minta itu. Suatu hari anak sulungnya merayakan ulangtahun yang kesepuluh, dia minta hadiah sama orangtuanya sebuah jam arloji. Karena orangtuanya tidak punya duit, orangtuanya hanya tersenyum dan manggut-manggut namun tidak juga membelikan sebuah arloji yang si sulung inginkan. Akhirnya si Sulung ngambek, adik-adiknya bilang pada Mamaknya, kayaknya kakak marah-marah Mak. Biarin dia marah, wong ngga ada duit juga masih minta jam tangan mahal. Buat Makan aja tidak cukup, jawab Mamak. Akhirnya sang Mamak mencari jalan bagaimana supaya si Anak Sulung tahu biar dia tidak menjadi anak yang suka menuntut lagi.

Suatu ketika si anaknya meminta lagi sebuah sepeda, si Mamak cuma tersenyum dan menyuruh mendekat ke Mamaknya dan disuruhnya si anak mencium ketiak Mamaknya. Si anak sulung lari tunggang langgang, dan berpikir bahwa si Mamaknya sudah gila.

Akhirnya si Anak sulung dan kedua adiknya berdiskusi kenapa Mamak mereka berlaku seperti itu. Akhirnya mereka bertiga sepakat mengartikan bahwa maksud sang Mamak adalah bahwa meminta-minta kepada oranglain ternyata tidak enak, seperti ketiak bahwa ketiak merupakan sumber keringat yang paling bau, maka meminta dari keringat orang lain itu ternyata tidaklah enak.

Setelah besar prinsip itu mereka pegang teguh, hingga besar mereka sukses tanpa mengharapkan atau mengandalkan belaskasihan orang lain alias mandiri.

————————————————————–

Gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s